Sunday, September 6, 2009

Kunci menuju monetisasi blog 4

Setelah kita menyelesaikan tahapan pertama yaitu perencanaan pada Kunci Monetisasi Blog 1, Kunci Monetisasi Blog 2 dan Kunci Monetisasi Blog 3. Sekarang kita beranjak pada tahapan ke 2 yaitu Konten.


2. Konten
Apa yang dicari orang ketika membuka internet, tidak salah lagi, informasi. Mereka mencari informasi berupa solusi atas pemasalahannya, mencari informasi atas peristiwa atau informasi tentang ilmu dan pengetahuan. Informasi-informasi tersebut sangat berharga bagi yang membutuhkan.

Oleh karena itu, konten yang berupa artikel, gambar atau video pada blog dapat menjadi sumber informasi yang berharga bila konten tersebut dibuat atas dasar kebutuhan orang banyak. Apalagi bila konten yang kita buat sejalan dengan minat dan hobby kita, semakin cocoklah antara kebutuhan orang banyak dengan minat kita. Ini merupakan hal yang sangat fantastis dan memiiki kelebihan dan nilai tersendiri. Contohnya pada artikel ini Masa depan blog tergantung konten.

Bayangkan, kita menulis artikel dengan hati yang senang, tulus dan bebas tanpa tekanan. Tanpa disuruhpun bahkan tanpa dibayar kita dengan senang hati menulisnya. Jangan ditanya lagi bila akhirnya kita bisa sangat produktif dalam menghasilkan artikel-artikel yang bagus dan bermanfaat.

Lantas apakah cukup hanya dengan membuat artikel yang bagus dan bermanfaat? Menurut saya, belum. Masih ada satu hal lagi, apa itu....?

Baik, coba kita amati artikel-artikel pada begitu banyak blog di internet. Ternyata pada setiap artikel memiliki gaya penulisan yang khas. Namun ada satu hal yang sangat mendasar dan penting dari semua gaya penulisan tersebut yaitu adanya :

Komunikasi dan Interaksi.

Bagaimana agar kita dapat menciptakan artikel yamg enak dibaca, komunikatif dan interaktif dengan pembaca. Kedua hal ini sangat penting agar ketika orang membaca artikel kita mereka tetap merasa nyaman dan betah menelusuri kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga selesai. ( Duh, senangnya kalau bisa menulis seperti ini… ).

Penggunaan kata sebaiknya juga disesuaikan dengan target market kita. Bila target market kita adalah orang-orang teknik mesin tentu berbeda dengan orang-orang kedokteran. Penggunaan kata pada kedua target market ini tentu memiliki istilah sendiri-sendiri. Lain halnya bila kita ingin mentarget masyarakat umum, meskipun topik artikel adalah tentang teknik mesin ya kalau bisa penggunaan istilah dan gaya bahasanya lebih umum, tidak menggunakan istilah-istilah yang sulit. Malah kadang menggunakan istilah gaul agar lebih komunikatif dan santai.

Pada akhir artikel sebaiknya terdapat kalimat ajakan untuk berinteraksi dengan pembaca. Kalau pada naskah iklan ada istilah “Call for Action”. Pada penulisan artikel hal ini juga dapat berlaku. Bagaimana agar ada interaksi dengan pembaca ya kita coba menggunakan kata yang mengajak pembaca untuk memberi tanggapan atau mengambil kesimpulan dari tulisan kita. Tentu dengan cara masing-masing dan dalam hal ini tidak ada bahasa bakunya.

Baik, bagaimana dengan artikel pada blog anda? Saya yakin anda pun sudah melakukan yang terbaik sesuai minat dan bidang anda. Artikel pada blog inipun demikian, saya berusaha memberikan yang terbaik untuk anda…

Kita lanjut ya pada tahapan selanjutnya yaitu tahapan ke 3 tentang SEO pada Kunci Menuju Monetisasi Blog 5

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

2 comments:

NumB3R said...

Mantap mas. , salut sama semua tips2 monetisasi blog yg dijabarkan dari awal sampai yg ke-empat ini.
Saya sependapat lah pokoknya.

Terakhir, bahasa yg sampean gunakan diblog ini jg gak kaku (formal), pembaca (cthnya saya) jd tertarik utk melanjutkan membaca artikel sampai selesai. Dan pastinya pesan yg disampaikan lewat artikel2 diblog mas izmild lbh mudah dicerna :D.

Semangat terus mas^^

Izmild Blog said...

@NumB3R : Terima kasih, Saya masih terus belajar dan berusaha agar dapat menulis lebih baik lagi. Sama-sama terus semangat...! Salam.

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"