Wednesday, September 30, 2009

Kunci menuju monetisasi blog 6

Setelah kita menyelesaikan tahap pertama yaitu “Perencanaan” pada Kunci Monetisasi Blog 1, Kunci Monetisasi Blog 2, Kunci Monetisasi Blog 3, tahapan ke dua yaitu “Konten” pada Kunci Monetisasi Blog 4, dan tahapan ke tiga yaitu “SEO” pada Kunci Monetisasi Blog 5. Sekarang kita lanjut pada Kunci Monetisasi Blog 6 sebagai lanjutan dari tahapan sebelumnya yaitu Meta Tag.

Setelah Meta Tag hal yang sangat penting dalam SEO adalah Keyword.

Keyword
Keyword sangat berperan di dalam eksistensi blog pada Search Engine. Tanpa keyword mustahil sebuah blog dapat muncul pada halaman pencarian. Oleh karena iru, penggunaan keyword harus tepat dan efektif sesuai dengan tema blog.

Jangan sekali-kali menggunakan keyword acak/asal yang tidak selaras dengan tema/konten blog sebab ini akan membingungkan Search Engine, mungkin daripada pusing, kalau SE meninggalkan blog kita bagaimana ? Malah kita sendiri kan yang stress karena blog tidak pernah ada pada halaman pencarian. (Biarpun mesin, SE bisa kesal juga lo kalau keyword blog gonta ganti, sekarang soal bisnis online, besok soal selebritis, besok lagi ganti soal politik,… wah wah.. jangankan SE pengunjung blog juga bingung akhirnya bisa males datang ke blog kita).

Penggunaan keyword yang tepat biasanya diletakkan pada judul artikel, pada paragraph satu dan setiap paragraph selanjutnya. Menurut saya yang masih belajar SEO ini penggunaan keyword pada artikel juga sebaiknya lebih bijak, jangan terlalu banyak dan berdekatan, jangan sampai dibilang spam oleh SE, kan kita juga yang rugi. Jadi antara penggunaan keyword dan teknik penulisan dibuat sewajar mungkin selayaknya kita menulis sebuah artikel, mengalir secara alami.


Konten
“Content is the King” adalah pepatah yang sangat top diantara para blogger. “Content is the King” berarti konten blog adalah segala-galanya. Semakin baik konten semakin banyak peminat blog anda.

Tapi menurut saya, kita jangan tergantung sama pepatah ini. Karena konten yang baik juga harus dipromosikan. Bayangkan konten blog anda benar-benar mantap, mantaaap…., tapi kalau ga ada orang yang tahu percuma juga kan…

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten menurut saya adalah: Pertama, Judul yang menarik yang dapat membuat orang tertarik dan penasaran untuk membaca isi artikel. Ke dua, gaya penulisan yang sesuai dengan gaya pribadi anda sebagai penulis blog.

Usahakan penggunaan kata-kata lebih mudah dimengerti dan diterima oleh banyak orang. Pada setiap artikel selalu ada komunikasi dan interaksi dengan pembaca sesuai dengan bahasa gaul kita dan sesuai dengan target blog tentunya. Ini hanya saran saya lho, kalau ada yang lebih baik ga apa-apa silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya masing-masing.

Backlink
Jangan anggap remeh backlink! Karena di mata mesin pencari seperti Google, backlink menentukan Page Ranking blog dan SERP (Seacrh Engine Result Page) pada hasil pencarian. Semakin banyak blog yang link dengan blog kita, berarti blog kita memiliki posisi yang penting dan dibutuhkan oleh blog lain. Apalagi bila blog yang link memiliki PR tinggi di atas 3 sampai 10, wah ini kejatuhan bulan namanya, PR blog kita juga bisa ikut terangkat. Hal ini dibuktikan sendiri oleh salah seorang pemenang Kontes SEO Joko Susilo “Stop Dreaming Start Action” yang baru saja usai yaitu Benny Andika, dan Kontes SEO “Mengembalikan Jati Diri Bangsaberitajitu.com yang sedang berlangsung hingga berakhir tangggal 15 Desember 2009 dengan posisi pertama dipegang oleh Khairuddin Syach.

Namun sebaliknya kita juga tetap harus hati-hati jangan sampai karena penggunaan backlink yang salah sehingga dapat menghancurkan posisi PR dan SERP blog.

Hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam backlink menurut catatan saya dan hasil blogwalking ke beberapa blog yang memiiki reputasi yaitu:
- Ada beberapa SE yang tidak suka blog dengan backlink/link exchange pada halaman posting/on page lebih dari 100 link.
- Backlink yang bermasalah seperti link blog yang sudah invalid/di ban misalnya dapat merusak reputasi blog kita di mata SE.
- Link exchange satu arah yaitu hanya blog kita yang link ke blog lain ini dapat menurunkan ranking blog.

Bila ingin menempatkan link pada blog atau pada komentar kita ke blog lain, sebaiknya menggunakan Anchor Text yang sesuai dengan title/keyword blog. Misal, Anchor text link blog ini adalah :

Izmild Blog Bisnis Online - Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Dengan selalu meninggalkan signature berupa title/keyword dan URL blog dimanapun, maka seara otomatis Search Engine akan semakin familiar/akrab dengan blog kita.

Baik, sampai di sini dulu catatan saya mengenai SEO, artikel selanjutnya kita membahas soal Trafik di Kunci monetisasi blog 7.

Wait and see ya…

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

5 comments:

Mengembalikan jati diri bangsa said...

Sangat bermanfaat sekali pak...
semua benar apa yg pak ismail sampaikan disini.
thanks a lot!
salam

Izmild Blog Bisnis Online said...

Semoga bermanfaat... kita sama2 belajar...

Cara Cari Duit said...

Biasanya search engine menyukai fresh content sebuah situs.Ditambah lagi dengan keyword yang tepat dalam sebuah situs.maka situs tersebut akan mendapat peringkat lebih baik dalam search engine

Adrie said...

NIce Info...

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online said...

thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"