Tuesday, September 29, 2009

Kunci menuju monetisasi blog 5

Setelah kita menyelesaikan tahap pertama yaitu perencanaan pada Kunci Monetisasi Blog 1, Kunci Monetisasi Blog 2, Kunci Monetisasi Blog 3 dan tahapan ke 2 pada Kunci Monetisasi Blog 4. Sekarang kita beranjak pada tahapan ke 3 yaitu SEO.

3. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi untuk meningkatkan posisi blog/web pada halaman pencarian. Semakin kita menguasai teknik dan trik SEO dan mempraktekannya tentu posisi blog kita bisa bertahan pada posisi teratas di halaman pencarian. Hal ini pastinya akan sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis online kita. Tapi, ada tapinya neh,… pada prakteknya tidak semudah itu tetap dibutuhkan usaha dan kerja keras. Seperti yang sekarang ini sedang dilakukan para peserta Kontes SEO Mengembalikan Jati Diri Bangsa untuk menempati posisi urutan pertama atau minimal berada di posisi 10 besar pada halaman pertama.

Ada beberapa hal penting yang harus diterapkan agar teknik SEO dapat berhasil yaitu

- Update blog
- Meta tag
- Keyword
- Konten
- Backlink

Update Bog
Update blog berarti adalah perubahan yang kita lakukan terhadap blog seperti posting artikel terbaru, menyusun dan mengatur struktur blog seperti posisi iklan, widget, form langganan, link, info author, dan lain-lain. Dengan melakukan update blog yang tepat dan efektif akan mempengaruhi efektifitas daya jangkau Search Engine ke blog kita.

Misal, selama ini kita memasang iklan persis di atas postingan. Coba kita pindahkan posisinya ke samping (tidak di atas postingan lagi), saya yakin ini akan mempengaruhi daya jangkau search engine ke konten blog.

Update blog yang paling efektif menurut saya adalah konsisten dalam memposting artikel terbaru, bisa setiap hari atau dua hari sekali. Karena Search Engine sangat menyukai blog yang postingan artikelnya rutin dan teratur.

Meta Tag
Secara definisi, jujur saja saya tidak tahu apa itu Meta Tag. Yang saya tahu manfaat Meta Tag adalah untuk mengoptimalkan eksistensi blog di mata search engine melalui keyword yang dipasang pada Meta Tag. O ya, Meta Tag dipasang pada kode template blogspot.

Contoh Meta Tag seperti di bawah ini:

<meta content='DESCRIPTION HERE' name='description'/> 
<meta content='KEYWORDS HERE' name='keywords'/> 
<meta content='AUTHOR NAME HERE' name='author'/>


Keterangan:
DESCRIPTION HERE : Tulis deskripsi/penjelasan mengenai blog anda
KEYWORDS : Tulis kata kunci dari blog anda
AUTHOR NAME : Tulis nama pengarang ( nama anda )

Kode Meta tag di atas di copy paste tepat di bawah kode ini:


<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

( Untuk kemudahan mendapatkan kode, tekan Control + F )

Selanjutnya save template. Selesai.

Untuk menguji apakah Meta Tag blog anda sudah sesuai atau belum anda bisa menggunakan situs ini :

Meta Tag Analyzer

Bagi anda yang menggunakan Wordpress.com jangan khawatir, blog Wordpress.com dari sananya sudah SEO friendly.

Hmm, cukup panjang juga ya untuk penjelasan tentang SEO. Agar ga bosan menyimaknya, sebaiknya kita lanjut ya pada Kunci menuju monetisasi blog 6 yaitu mengenai Keyword, Konten dan Backlink…

Wait and see…



Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

1 comment:

Blooges said...

Artikel ini yang selalu di cari-cari masyarakat blogger , nice artikel broo..

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"