Thursday, September 3, 2009

Teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung blog

Apa tujuan anda ngeblog? Kalau saya jujur saja ngeblog untuk membangun bisnis dan relationship. Juga untuk menyalurkan bakat keinginan saya menulis. Kalau anda sendiri apa tujuannya ngeblog? Untuk tujuan pribadi atau bisnis.

Apapun tujuannya tentu kita ingin blog kita dikunjungi, ya kan? Lain halnya bila anda sendiri tidak menginginkannya, ini lain soal. Yang pasti kebanyakan dari kita menginginkan blognya dikunjungi oleh sebanyak mungkin orang baik blogger maupun umum. Nah, bila anda menginginkan hal tersebut termasuk saya, mungkin teknik berikut dapat bermanfaat buat kita semua.

Terdapat 2 teknik SEO yang dapat kita terapkan pada blog yaitu:

I. Baclink
II. Keyword


I. Backlink
Backlink merupakan salah satu teknik SEO yang bertujuan meningkatkan eksistensi blog di mata Search Engine. Salah satu cara mendapatkan backlink adalah dengan memberi komentar pada blog-blog dengan tema yang sama. Dengan memberi komentar kita sudah mendapat link dari blog tersebut dan pengunjung blog bisa juga akan mampir ke blog kita. Namun apakah ini sudah cukup? Masalahnya blogwalking (berkunjung ke berbagai blog) dan memberi komentar terus rasanya capek juga dan bosan, ya gak?

Ada 2 teknik baclink yang dapat kita lakukan pada blog yaitu
1. Teknik Off page Optimization
2. Teknik On page Optimization


1. Teknik Off page Optimization
Teknik Off page Optimization maksudnya adalah memasukkan link-link blog dengan tema sejenis terutama dengan blog yang memiliki PR (Page Ranking) tinggi minimal di atas PR 1 pada sidebar blog (diluar konten). Ini biasa terlihat pada blog dengan judul Blogroll, bloglink, blog teman, dan sebagainya. Melalui teknik ini tentu akan membantu posisi blog kita di mata Search Engine. Namun teknik ini masih belum cukup kuat untuk mengangkat posisi blog. Ternyata teknik On page Optimization lebih memiliki pengaruh yang kuat terhadap Search Engine. Kok bisa begitu? Simak penjelasannya ya…

2. Teknik On page Optimization
Teknik On page Optimization maksudnya adalah Link blog yang dimasukkan pada posting artikel. Tema/konten link blog tersebut tentunya harus relevan dengan tema artikel. Teknik ini sangat kuat untuk mempengaruhi tingkat pencarian blog pada Search Engine. Menurut saya ini sangat masuk diakal. karena Search Engine hanya dapat menangkap “keyword” yang terdapat pada konten. Jadi masih dalam satu jalur. Keyword + link.

Selain teknik SEO, SMO (Social Media Optimization) juga sangat mempengaruhi peningkatan trafik. Dengan menjadi bagian dari SMO seperti Facebook, MySpace, Digg, Technorati, Blogcatalog, Friendster, Stumbleupon, dan Twitter otomatis backlink blog semakin banyak. Apalagi jumlah network pada SMO tidak terbatas dan update artikel dari blog juga dapat secara otomatis atau di posting pada SMO sehingga semua “jaringan/teman” dapat mengetahui dan kemungkinan akan mengunjungi blog kita.

Bila dibandingkan yang lain SMO memiliki kelebihan tersendiri yaitu kita dapat mengetahui dan membidik network (teman) sesuai dengan pilihan kita. Kita bisa “join” pada suatu group seperti di Facebook, Stumbleupon atau blogcatalog

II. Keyword
Keyword merupakan kunci utama peningkatan trafik. Dengan keyword yang tepat dari konten yang bagus tentu sangat disenangi mesin pencari. Namun penerapan keyword juga dibutuhkan teknik agar tidak sia-sia. Posisi keyword yang paling strategis ditempatkan pada judul dan paragraph pertama konten. Keyword pada judul sebaiknya juga terdapat pada paragraph pertama. Didalam paragraph pertama tersebut jumlah keyword minimal terdapat 2-3 kali pengulangan keyword yang sama.

Menurut teori algoritma mesin pencari yang saya dapat dari JohnCow.com. Teori algoritma mesin pencari sudah sangat manusiawi sehingga pegulangan keyword yang asal dan men”tricky” akan diketahui. Oleh karena itu sebaiknya menulis artikel secara wajar dan penerapan keyword juga wajar.

Salah satu teknik keyword lain yang ampuh yaitu dengan mentarget pada target market yang tepat dan sesuai dengan tema blog. Ini merupakan teknik ampuh untuk menciptakan trafik yang berasal dari mesin pencari. Dengan teknik ini juga kita dapat menciptakan trafik yang datang berulangkali karena memiliki minat yang sama dan tidak ada pada blog lain. Ini sudah saya buktikan melalui blog saya DGA Desain Grafis dan Advertising Kebanyakan trafik blog ini berasal dari pencarian google.

Ada tambahan info atau pendapat? Silahkan…

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

1 comment:

Adrie said...

Makasih sarannya..!

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"