Wednesday, September 2, 2009

Pertamax….!!!

Pertamax…!!! Bagi anda yang biasa member komentar kata ini tidak asing lagi selalu muncul pada kolom pertama komentar sebuah artikel. Entah siapa yang memulainya dan dari mana asalnya. Mungkin saja kata “Pertamax” berasal dari kata bensin jenis “Pertamax”… Mungkin karena saking senangnya komentarnya berada pada urutan paling atas lantas kata ”Pertamax” sebagai ungkapan. Yang menjadi duduk persoalan adalah tujuan memberi komentar dengan kata tersebut dan apa manfaatnya.

Secara esensi komentar pada sebuah artikel merupakan respon dari pembaca terhadap isi artikel. Baik respon positif maupun negatif. Berarti pembaca tertarik dan ingin berinteraksi dengan penulis. Apalagi sudah disediakan kolom untuk berkomentar bahkan kadang ada permintaan atau penawaran dari penulis untuk memberi komentar. Inilah yang kadang dimanfaatkan oleh sebagian blogger untuk numpang promosi dan ingin mendapat backlink gratis.

Seperti kita ketahui dengan meninggalkan komentar, blog kita akan mendapat baclink gratis apalagi bila blog yang kita komentari memiliki Page Rank (PR) tinggi seperti PR 3 ke atas. Tentu manfaatnya akan sangat baik terhadap Search Engine bagi blog pengomentar. Akibatnya cukup banyak blogger yang memanfaatkan komentar hanya sekedar menaruh link tanpa disertai dengan komentar yang berhubungan dengan isi artikel bahkan komentar yang tidak membangun.

Seharusnya dengan adanya kolom kementar dan manfaat backink gratis dapat kita manfaatkan untuk benar-benar mengomentari isi artikel. Kalau pun kita ingin memasang signature* saya yakin penulis akan maklum selama kita memberi komentar yang positif dan membangun apalagi hal ini sudah menjadi tradisi di kalangan blogger untuk saling melakukan “link exchange”.

Lebih dari permasalahan memberi komentar, ada hal yang lebih penting lagi yaitu terjalinnya relationship yang baik antara pemberi komentar dengan penulis terutama antar blogger. Relationship yang baik inilah sebenarnya yang akan menjadi awal kunci kesuksesan kita semua. Bukankah membuka silaturahmi berarti membuka pintu rezeki…

*) Signature adalah informasi identitas sebagai promosi yang diletakkan setelah kalimat terakhir pada komentar.

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

2 comments:

Anonymous said...

Salam kenal bos... sy Darmansyah (baru belajar ngeblog). Izin blog bos sebagai referensi ku.

Salam Sukses

Darmansyah
www.bisnisdarman.com/blog

izmild said...

SILAHKAN, DENGAN SENANG HATI...

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"