Tuesday, September 1, 2009

Kemampuan menulis seorang blogger sukses

Menulis adalah merupakan kemampuan no. 1 yang wajib dimiliki seorang blogger. Saya berpendapat demikian karena saya lihat tolok ukur optimalisasi blog pada Search Engine adalah berdasarkan keyword phrase yang berasal dari susunan kata-kata dan kalimat dari artikel yang diposting pada blog. Ini berarti kemampuan seorang blogger dalam menulis artikel sangat menentukan eksistensi blognya di Search Engine.

Bila seorang blogger tidak mampu menulis maka ada beberapa kemungkinan yang dia lakukan yaitu hanya memposting gambar, meng copy paste artikel dari sumber resmi seperti ezine article.com atau article city dan meng copy paste artikel dari blog lain. Yang dikhawatirkan adalah bila seorang blogger tidak mampu menulis juga tidak memiliki etika, asal mengcopy paste artikel dari blog lain tanpa meminta ijin pemilik blog atau tidak memasukan sumber artikel yang dia posting.

“Content is the king”. Artinya konten yang orisinil dan unik merupakan penentu eksistensi blog di mata Search Engine seperti Google, Yahoo, MSN dan Bing. Karena Search Engine lebih menyukai konten yang orisinil dan unik.

Bila kita amati blogger sukses baik dari negara lain maupun dari lokal, rata-rata mereka memiliki kemampuan menulis yang baik plus ditunjang dengan produktifitas dan konsistensi dalam memposting artikel. Anda bisa membuktikan sendiri kemampuan menulis dan tingkat produktifitas mereka dengan menjadi pelanggan “Email Subscribtion” yang biasa mereka pasang pada blog mereka.

Dengan menjadi pelanggan update artikel dari mereka kita sebenarnya bisa belajar banyak bagaimana teknik menulis dan bagaimana ide-ide mereka hingga mereka tetap terus produktif dalam menulis.Misalnya kita berlanggann artikelnya Yaro Starak, Darren Rowse atau dari lokal yaitu artikelnya Joko Susilo dan Medhy Aginta. Saya sendiri menjadi pelanggan ke empat blogger ini.

Menurut saya hal yang paling penting dan utama dalam meningkatkan kemampuan menulis adalah dengan terus menulis meskipun menurut kita tulisan itu jelek. Menulis menulis dan menulis. Hanya ini satu-satunya cara yang paling efektif. Seperti halnya belajar bicara, menulis pun demikian.

Menulis adalah permainan merangkai kata –kata yang disertai dengan rasa bahasa. Tanpa pengetahuan dan wawasan yang luaspun bila kita terus latihan kemampuan menulis kita lambat laun akan semakin baik. Biarkan jari jemari mengetikkan setiap kata demi kata tanpa perlu banyak dipikir bagaimana susunan kalimatnya, paragrafnya, enak dibaca atau tidak yang penting adalah menciptakan kebiasaan dalam menyusun kata-demi kata sehingga dapat merangkai kalimat.

Seperti halnya tulisan pada artikel ini yang masih terlihat banyak kekurangannya saya juga mencoba untuk terus menulis, menulis dan menulis…

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"