Saturday, January 10, 2009

Gaza keyword paling popular saat ini?

Oleh: Mochamad Ismail
Kalimat pada judul “Gaza keyword paling populer saat ini?” bukanlah hasil survey seperti yang biasa dilakukan oleh perusahaan riset seperti SRI [Survey Riset Indonesia] atau hasil pencarian Gooogle Keyword Tool. Tapi ini hanya rekaan saya saja berdasarkan tingginya frekuensi berita diberbagai media massa termasuk internet yang menyorot peristiwa penyerangan Israel "the Devil" terhadap Palestina di wilayah jalur Gaza.

Maka bila dilihat dari kemudahan membaca dan kemudahan mengingat “Gaza” menurut saya adalah keyword nomor satu [paling populer] saat ini.

Padahal Gaza adalah kata-kata yang selama ini sering kita dengar karena selalu berkaitan dengan penyerangan atau kekerasan Israel terhadap Palestina. Keyword Gaza saya kira akan tergantikan dengan keyword lain sesuai dengan isu yang paling populer di masyarakat.

Saya jadi teringat dengan sebuah konsep komunikasi terutama di bidang marketing komunikasi atau advertising. Untuk mengangkat nama sebuah merk yang baru atau sudah tenggelam agar menjadi populer di masyarakat dalam hal ini target konsumen khususnya adalah dengan menciptakan “trigger” [pemicu] agar orang-orang “ngeh” dan memperhatikan merk tersebut. Salah satunya adalah dengan menciptakan key word. Meski sebenarnya bukan hanya keyword, masih banyak cara lain seperti key sound atau key visual tapi untuk hal ini mohon maaf tidak saya bahas disini mungkin dalam artikel lain dengan topik khusus.

“Mau mau mau!, Kasih daaah…!”, “Sampe puaaas”, “orang pintar minum…..”, “Nyamuk sini cuma takut….” adalah beberapa contoh keyword yang populer dan diingat oleh masyarakat.

Peran media massa terutama TV sebagai media yang paling banyak dilihat sangat mempengaruhi keberhasilan keyword yang diciptakan meski sebenarnya yang paling penting adalah implementasi kreatif iklannya itu sendiri seperti apa. Sebab meskipun keywordnya bagus tapi implementasi iklannya tidak mendukung, tidak menarik, atau frekuensi tampilannya hanya sekali-kali tentunya tidak akan dapat membentuk keyword populer. Ini juga sebaiknya saya bahas dalam artikel khusus mengenai implementasi kreatif sebuah iklan.

Berminat menciptakan keyword di masyarakat? Tentunya yang tidak melanggar hukum, tidak melanggar norma agama atau SARA. Atau hanya menciptakan keyword di internet melalui blog?

Seperti biasa bila anda ingin berkomentar atau memberi masukkan, dengan senang hati saya menerimanya. Salam…

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"