Saturday, January 10, 2009

Formula bisnis vs tukang bubur ayam

Oleh: Mochamad Ismail
Banyak korban sudah berjatuhan akibat kenaikan BBM. Meningkatnya pengangguran baik dari exkaryawan swasta maupun pebisnis atau pedagang akibat melambungnya harga dan semakin beratnya biaya operasional.

Saya jadi ingat dengan pedagang bubur ayam langganan saya setiap pagi. Harga yang dia patok masih 3000 perak sementara banyak pedagang bubur ayam lainnya sudah mematok harga di atas 4000 perak. Malah kalau saya minta dibikin 2000 perak aja buat anak-anak, dia tetap mau melayani. Saya jadi heran harga BBM sudah naik kok si pedagang ini tenang-tenang saja dengan harga bubur ayamnya yang masih 3000 perak.

Akhirnya sekali waktu saya bertanya kenapa harganya masih 3000 perak apa ga rugi. Dengan santai sambil senyum simpul dia jawab: “… Kalau harga saya naikin langganan saya bisa kabur mas, masih alhamdulillah biar untung sedikit yang penting saya masih bisa dagang dan langganan saya masih menikmati bubur ayam saya…”.

Lantas apa hubungannya pedagang bubur ayam dengan bisnis on line? Ngarang…..

O, ada,…hehehe PD amat nih. Kalau pedagang bubur ayam untungnya semakin sedikit akibat kenaikan BBM, kalau bisnis on line terpengaruh ga ya? Kalau abodemen internet speedy saya yang time based sih ga berubah. Maksudnya bukan ini mas, walaupun berkaitan tapi itu lho yang berkaitan dengan bisnis on line nya. Komisi afiliasi menurun ga, meski harga ebook SMUO naik jadi 200 ribu ada hubungan dengan BBM ga ya, mudah-mudahan pak Joko ikutan membaca artikel ini. Tapi yang penting komisi reseller formula bisnis ga menurun. BBM ga ngaruh tuh, karena ga ada biaya pengiriman, ga ada biaya produksi, ga bayar kurir, dan lain-lain.

Andai pak Joko Susilo mengumumkan bahwa semenjak kenaikan BBM, komisi reseller formula bisnis dipotong 20% karena biaya pengiriman dan biaya produksi semakin mahal. Huahaha…. wrekekkekek… semua pasti ngegrundel, gimana sih ni Pak Joko masa bisnis on line ada biaya pengiriman dan biaya produksi segala, lha ebooknya SMUO kan langsung saya download di komputer saya. Emangnya saya beli bubur ayam….

Inilah keunggulannya bisnis online tidak dipengaruhi oleh kenaikan harga seperti bisnis konvensional [bisnis off line]. Kerja kita cuma duduk didepan komputer, posting artikel, buka email, blogwalking, cek pengunjung blog, cek ranking, cek account di member area formula bisnis atau account produk afiliasi lainnya. Kalau ada masalah paling koneksi internet yang tersendat atau mati listrik. Selanjutnya bisnis tetap berjalan 24 jam meski kita tidur. Huaah… udah nguantuk ah…

Monggo komentarnya dipersilahkan…. tapi saya tidur dulu ya…. hehehe… salam.

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"