Sunday, January 11, 2009

Blog commersial

Oleh: Mochamad Ismail
uniquetvcomm adalah blog favorit saya diantara blog-blog lain yang tidak/belum saya tampilkan disini. Konten blog ini sesuai dengan bidang dan minat sekaligus hobbi saya, creative advertising (Untuk mengetahui kontennya anda bisa mengklik linknya). Meskipun begitu kalau blog ini bisa saya manfaatkan untuk menghasilkan “dollar” dari adsense dan program-program penghasil duit lainnya. Kenapa tidak? Sayang kan…

Tapi, untuk mendapatkan “duit” lewat blog tidak semudah kata orang atau kata buku-buku yang sekarang banyak beredar di toko buku tentang mendapatkan dollar dari blog. It’s bullshit!!! Tetap dibutuhkan kerja keras, konsistensi, waktu dan kesabaran bahkan melebihi pekerja profesional pada umumnya bahkan melebihi pedagang yang biasanya dikenal dengan keuletan dan kesabarannya karena selain yang saya sebut di atas juga dibutuhkan kecerdasan, pengetahuan, strategi dan taktik.

Bayangkan bila anda harus menjajakan produk ditengah rimba dunia internet yang dipenuhi dengan jutaan website dan blog dari seluruh dunia. Sebagus dan sehebat apapun produk anda bila tidak tahu tentang bagaimana mempromosilkan produk tersebut, pekerjaan anda akan sia-sia.

Apa yang sudah saya lakukan untuk promosi? Jawabannya singkat saja Capeeek…! Setiap malam saya blogwalking untuk link exchange atau memberi komentar terutama di blog-blog yang relevan dengan konten, aktif di social network sepeti blogcatalog (di social network masih belum aktif), dan promosi di milis-milis. Sebenarnya memakai agency pengiklan seperti Google adword atau di Indonesia seperti kliksaya, adsensecamp, atau yang lainnya mungkin lebih efektif tapi saya belum punya modal.

Makanya jujur saja dollar yang saya dapat dari blog favorit saya ini yang hanya mengandalkan adsense belum pernah mendapat cek dari Google alias masih di bawah $100. Meskipun begitu ini merupakan strategi saya sekarang ini hanya menggunakan adsense untuk iklan di blog tersebut. Setelah traffik semakin meningkat dan cek Google sudah sampai di depan pintu rumah saya, barulah saya memasang program pengiklan lainnya seperti amazon.com, tekslinkads, adbrite, atau program-program lainnya. Anggap saja adsense menjadi batu loncatan atau ujian terhadap blog uniquetvcomm.

Sampai disini dulu, salam…

> Artikel ini saya tulis pada bulan Januari 10, 2009 di http://justduit.wordpress.com

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

1 comment:

Novembre said...

terima kasih masukannya pak..
saya udah 2 kali ditolak cinta oleh mbak google.
mudah mudahan tidak untuk yang ketiga kalinya,
amin.
hehehehehe

http://masgatotkaca.blogspot.com/

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"