Sunday, January 11, 2009

Logika dapat duit dari ngeBlog

Oleh: Mochamad Ismail
Banyak teman-teman selalu bertanya pada saya benarkah bisa dapat duit dari ngeblog? Caranya bagaimana?

Memang tidak mudah meyakinkan mereka yang belum memiliki banyak wawasan tentang “make money online” sebelum kita sendiri betul-betul sudah membuktikan menjadi “kaya” dari internet. Cuma di rumah saja, klik-klik internet dan kaya! Hahaha,… enak banget!

Hukum alam memang masih berlaku di masyarakat kita selama masih menjadi gembel siapa peduli? Tapi kalau sudah menjadi kaya baru orang-orang mendekat dan ingin tahu bisa kaya darimana?

Baik, kembali ke bisnis online. Saya akan coba mencari “Reason to believe” nya.

Anda tahu “Free magazine”? Majalah yang dibagikan secara gratis. Sekarang ini sudah banyak “Free Magazine” dengan berbagai konten dan niche market yang berbeda. Ada majalah yang khusus membahas bisnis, ada yang membahas restoran, selular bahkan sampai tidak ada bahasan sama sekali maksudnya lebih banyak iklan dibandingkan artikelnya.

Tujuan diterbitkannya “Free Magazine” tersebut tentunya bukan secara “ikhlas” dibagikan gratis, tapi ada tujuan bisnisnya yaitu mendapatkan keuntungan dari pemasangan iklan. Semakin banyak majalah tersebut dibaca orang akan semakin banyak para pemasang iklan. Ini berarti kentungan akan semakin banyak meskipun pada awalnya mungkin biaya cetak cukup besar sebagai modal. Jadi dengan membuat majalah gratis kita bisa dapat duit, begitu kan?

Nah, secara esensi dan fungsi, “Free Magazine” sama persis dengan “blog” di internet. Informasi yang ditulis oleh pemilik blog diberikan secara gratis kepada pengunjung yang membutuhkan informasi, semakin banyak pengunjung yang membaca informasi di blog tersebut tentunya akan menarik perhatian agency pemasang iklan. Atau pemilik blog mendaftarkan blog tersebut ke google adsense (versi bahasa inggris) atau ke kliksaya, klikrupiah atau kumpulblogger (untuk versi lokal dengan bahasa inggris atau Indonesia) agar blognya bisa di pasangi iklan.

Terus, darimana dapat duitnya?

Ya, dari iklan-iklan itu lho. Bila pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, maka pemilik blog akan dapat duit. Semakin banyak mengklik semakin besar pula penghasilan pemilik blog tersebut. Tentunya duit yang diterima melalui transfer bank. Istilah di internet marketing atau bisnis online namanya Pay Per Click

Banyak blogger mancanegara maupun lokal yang sudah sukses meraih penghasilan besar dari Pay Per Click ini, diantaranya Darren Rowse blogger asal Australia pemilik problogger.net , Jeremy Schoemaker blogger asal Amerika Serikat pemilik situs Shoemoney.com, Yaro starak blogger asal australia pemilik situs entrepreneurs-journey.com, John Cow blogger asal Irlandia pemilik situs johncow.com, Blogger lokal diantaranya Jacky Supit blogger asal Jakarta pemilik situs jackbook.com, Joko Susilo blogger asal Semarang Indonesia pemilik situs jokosusilo.com, Cosa Aranda asal Surabaya Indonesia pemilik situs cosaaranda.net, Welly Mulia asal Jakarta pemilik situs wellymulia.com, Nurudin Jauhari asal Malang pemilik Jauhari.net yang kini menempati ranking ke-23 dari 100 blog terpopuler di dunia menurut Technorati (dengan authority: 6,341), Budi Putra, blogger profesional Indonesia pemilik situs BudiPutra.com, TheGadgetNet.com dan jaringan blogging network Asia Blogging Network (ABN), dan masih banyak lagi blogger asal mancanegara dan Indonesia yang sukses dan full time blogger. (hehehe,… saya juga mau ikutan dong tapi ya harus sabar dan terus belajar…).

Kira-kira begitulah “logika dapat duit dari ngeblog dan contoh blogger sukses yang mudah-mudahan dapat menjadi penyemangat kita. Sebenarnya masih banyak cara dapat duit dari ngeblog, tapi sebaiknya satu-satu dulu ya. Nanti akan saya bahas sumber penghasilan ngeblog yang lainnya. Silahkan kalau ada komentar atau pendapat lain. Salam…

> Artikel ini sya tulis pada bulan September, 20, 2008 di justduit.wordpress.com

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"