Sunday, December 14, 2008

Cari duit lewat blog itu mudah!!!

Oleh: Mochamad Ismail
Mudah??? hahaha,.... justru sebaliknya, susaaah!!! Makanya kalau cuma keinginan sesaat lebih baik urungkan saja niatnya. Bukan saya menakut-nakuti tapi ini kenyataan. Memang kalau mendengar cerita-cerita atau baca kisah sukses blogger yang sudah menghasilkan ribuan dollar dari google adsense atau proram bisnis online lainnya, rasanya kita mau ikutan dengan semangat 45.

Memang ada beberapa syarat sukses seorang blogger agar blognya sukses menghasilkan uang yaitu diantaranya:

1. Memiliki konten yang bagus dan dibutuhkan oleh banyak orang.
Bila anda memiliki wawasan, keahlian atau pengalaman berharga yang dapat bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak atau dibutuhkan oleh suatu komunitas yang memiliki minat yang sama, ini merupakan harta karun yang bisa anda tuangkan pada blog. Karena "konten"lah yang menjadi sumber harta karun sebuah blog. Namun bila anda belum memiliki hal tersebut, tentunya anda harus berusaha mencari konten apa yang cocok dengan minat atau hobby anda. Kenapa saya katakan demikian? Karena sebuah blog merupakan "bisnis proses jangka panjang". Kalau konten yang anda buat hanya sebatas coba-coba atau bukan sama sekali minat atau hobby anda, saya yakin di tengah jalan anda pasti sudah bosan alias capeeek deh...

2. Traffik atau pengunjung yang melimpah.
Kenapa saya katakan melimpah. Kalau pengunjung blog anda cuma mencapai ratusan orang, rasio meng-klik iklan google adsense misalnya (bila anda memasang google adsense) paling-paling hanya satu klik dalam satu bulan yaitu hanya $0.01. Bayangkan Google hanya akan membayar atau mengirim cek ke rumah anda bila total earning (penghasilan) sudah mencapai $100. Jadi rasio total klik yang harus anda dapatkan harus 1000 klik. Betul gak ya? Kira-kira begitulah beratnya mencari dollar lewat google adsense. Bayangkan berapa junlah pengunjung yang harus anda ajak ke blog anda, tentunya minimal sudah mencapai 1000 orang (ini juga baru minimal, karena kadang tidak semuanya sesuai harapan kita, ya kan?). Tapi kalau mau coba program-program lainnya seperti afiliasi program, paid review atau referral program mungkin tidak seberat google adsense (akan ada pembahasan tersendiri soal ini).

Nah, setelah kita memiliki konten yang bagus dan traffik yang melimpah, harapan medapatkan uang lewat blog semakin besar. Tapi untuk mencapai 2 taraf di atas sebenarnya juga tidak mudah (kok bikin patah semangat sih...). Saya tidak bermaksud membuat anda "newbie" patah semangat tapi ini kenyataan yang akan anda hadapi bila serius ingin mendapat penghasilan lewat blog.

Pertama, jumlah blog di seluruh dunia hampir mencapai 140 jutaan. Kalau di Indonesia saya belum tahu, tapi andai bila anda ingin ikut program google adsense bararti konten blog harus dalam bahasa inggris, dan persaingan tentunya sangat ketat.

Kedua, Untuk mencapai traffik hingga 1000an orang bahkan lebih anda harus rajin, rajin dan rajin berpromosi. Bisa lewat social network, milis, blogwalking, link blog, atau beriklan lewat google adword misalnya.

Nah, dari penjelasan di atas. Sudah siapkah anda mencari penghasilan lewat blog atau istilah kerennya menjadi blogger profesional?

Harapan saya semoga anda siap. Juga saya, karena sayapun belum menjadi blogger profesional alias masih terus mencari dan mencari cara bagaimana menghasilkan uang lewat blog. Semoga kita semua bisa sukses. Amin...

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"