Tuesday, September 1, 2009

Menciptakan motivasi menulis

Menulis sebenarnya sangat mudah tapi kenapa masih banyak orang yang susah untuk menulis. Apa permasalahan sebenarnya. Apakah karena tidak punya ide untuk ditulis, tidak punya waktu, takut salah, atau merasa tidak punya bakat menulis. Mungkin setiap orang memiliki alasan menulis masing-masing.

Jujur saja saya sendiri sampai saat ini masih terus belajar bagaimana cara menulis yang baik dan efektif. Malah sedikitpun saya tidak tahu apakah tulian saya ini bagus atau tidak buat saya yang penting menulis, menulis dan menulis. Saya hanya ingin menuangkan pemikiran saya dan perasaan saya lewat tulisan. Kalau dulu saya seringkali menuangkan pikiran dan isi hati lewat menulis puisi. Tapi sejak ada blog di internet, keinginan menulis semakin besar eee, tapi menulis puisinya malah ga lagi…
Mungkin menulis artikel berbeda dengan menulis puisi yang cukup dengan selembar kertas bahkan di kertas tissue pun bisa.
Memang saya akui faktor senang, suka dan hobby turut mempengaruhi keinginan menulis. Saya bisa membayangkan bagaimana mungkin bisa ada keinginan menulis suka juga ga, hobby juga ga.

Menurut saya ada beberapa alasan yang bisa kita buat agar keinginan menulis bisa muncul. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Curhat
2. Popularitas
3. Bisnis


1. Curhat
Curhat (Curahan hati) merupakan hal yang manusiawi. Hampir setiap orang memiliki permasalahan dalam hidupnya. Dan biasanya bila ada masalah rata-rata orang membutuhkan media atau teman untuk curhat, bisa orang tua, teman dekat, suami/istri, atau buku diary dan blog. Cara curhat pun mungkin setiap orang bisa berbeda. Ada yang cukup dengan bercerita pada teman, pada orang tua atau suami/istri. Dan ada yang curhat dengan menulis pada buku diary.
Nah, melalui curhat inilah sebenarnya kita bisa membangkitkan keinginan untuk mulai menulis. Apalagi tulisan curhat lebih bersifat pribadi dan tidak ada batasan isi dan aturan bahasa. Mau isinya menumpahkan kekesalan atau kebahagiaan terserah si penulis. Mau gaya dan tata bahasa bahasa apapun, salah atau betul siapa peduli yang penting curhat tersalurkan.

2. Popularitas
Salah satu keinginan terbesar manusia selain tahta dan cinta adalah popularitas. Popularitas dapat membuat seseorang menjadi bangga dan puas. Kenapa tidak? Ini manusiawi. Tidak berdosa dan melanggar hukum selama dilakukan dengan cara yang benar dan bertujuan untuk kebaikan. Selama kebanggaan tidak berdampak pada kesombongan, dan kepuasan tidak berdampak pada lupa diri.

3. Bisnis
Demi tujuan bisnis kita dapat melakukan apapun termasuk menulis. Dengan menulis orang akan mengetahui siapa kita dengan begitu akan terbangun relationship dan kepercayaan. Kredibilitas, komitmen dan profesionalitas dapat terbaca dari tulisan-tulisan kita. Kenapa tidak kalau akhirnya melalui motivasi bisnis kita dapat menyukai menulis dan menjad penulis. Dapat untung juga, menjadi penulis pula gimana ga hebat tuh…
Sampai disini dulu semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi motivasi atau inspirasi untuk lebih aktif dalam menulis.

Bila ada pendapat atau komentar silahkan…. Dengan sangat terbuka kita bisa sharing disini…

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan update artikel Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"