Sunday, August 9, 2009

Membuat “Read more…” pada blogspot baru

Sampai saat ini tampaknya “Read more…” atau “Baca selengkapnya…” masih menjadi persoalan tersendiri bagi para blogger terutama blogger pemula. Memang patut dimaklumi untuk membuat "Read More..." pada blogspot dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk mengcopy dan memasang kode html pada edit template blog. Kalau dilihat dari manfaatnya saya yakin ketelatenan dan kesabatan pasti mudah dilalui.

Manfaat dengan adanya “Read more…” pada setiap artikel:
- Tingkat impressi blog lebih cepat meningkat. Maksudnya peluang jumlah halaman yang akan dibaca oleh pengunjung lebih banyak. Dengan semakin banyaknya jumlah halaman akan semakin meningkatkan posisi blog pada Search Engine atau istilahnya SERP (Search Engine Ranking Position).

- Dengan judul yang banyak pada satu halaman dan didukung dengan artikel yang menarik tentu jumlah pembaca blog akan semakin bertambah. Popularitas blogpun meningkat. Jangan tanya lagi inilah yang diimpikan oleh para blogger.

Seperti anda lihat sendiri pada halaman izmild blog ini. Bila anda mengklik setiap konten per-kategori yang memiliki artikel lebih dari satu maka anda akan melihat semuajudul artikel dapat tampil dalam satu halaman karena adanya “Read more…” pada setiap artikel.

Terus terang saya juga sebelum ini tidak mengetahui bagaimana teknik “Read more…” karena saya bukan orang IT atau progammer tapi Alhamdulillah dengan terus belajar dan mencari informasi akhirnya saya berhasi mewujudkannya pada izmild blog ini.

Baik, agar tidak berlama-lama saya akan jelaskan bagaimana teknik “Read more…..” pada blogspot baru maksudnya pada template blogspot yang sudah tidak menggunakan classic template alias sudah diganti dengan “modifikasi template” yang dapat kita download gratis dari situs-situs atau blog-blog penyedia template blogspot grafis.


CARANYA MUDAH:
Anda login pada draft blogger – Dasbor dimana terdapat data blog-blog yang sudah anda buat. Atau klik langsung pada menu “Lay Out/Tata Letak” pada blog yang ingin anda tambahkan “Read more…”. Kemudian klik “Edit HTML” dan mencontreng kotak “Expand Template Widget” (wajib) yang terdapat pada kanan atas window Edit Template..

Warning: Bila anda khawatir terdapat kesalahan/Error, sebaiknya anda mem-back-up dulu kode template yang asli kemudian di copy paste ke notepad sebagai back up.

Selanjutnya anda cari kode seperti di bawah ini:

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body'>

atau

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body entry-content'>

Lalu copy kode di bawah ini dan paste tepat dibawah kode di atas:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;} </style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>


Kemudian anda lihat lagi pada bagian bawah terlihat kode berikut:

<p><data:post.body/></p>


Copy kode dibawah ini dan paste tepat dibawah kode di atas:

<a expr:href='data:post.url'>Read More...</a>


</b:if>


Anda bisa mengganti kata “Read More…” dengan kalimat sesuka anda seperti “Baca selengkapnya…” atau kalimat yang lain.


Step terakhir anda klik tombol “Save Template”.

Selesai.


CARA POSTING ARTIKEL:
Klik menu posting-new entry. Ketik artikel anda pada posisi “Edit HTML” bukan pada “Compose”.

Masukkan kode dibawah ini setelah kalimat terakhir yang ingin anda tampilkan:

<div class="fullpost">


Kemudian masukkan kode di bawah ini setelah kalimat terakhir pada sisa keseluruhan artikel anda:

</div>


Contoh:
Artikel ini saya buat untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana teknik membuat halaman utama blog anda dipenuhi artikel sehingga seluruh artikel anda dapat terlihat tanpa harus terbaca seluruhnya. <div class="fullpost">
Karena hal ini dapat mempengaruhi posisi SERP (Searh Engine Ranking Position) blog anda pada halaman pencarian. Ini merupakan teknik SEO yang sederhana namun cukup ampuh karena secara otomatis tingkat optimasi SEO pada halaman posting dapat lebih maksimal. </div>

Hasilnya sebagian isi artikel anda akan tampil seperti di bawah ini:
Artikel ini saya buat untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana teknik membuat halaman utama blog anda dipenuhi artikel sehingga seluruh artikel anda dapat terlihat tanpa harus terbaca seluruhnya. Read More…

Setelah “Read more….” diklik maka akan tampil seluruh isi artikel seperti di bawah ini:

Artikel ini saya buat untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana teknik membuat halaman utama blog anda dipenuhi artikel sehingga seluruh artikel anda dapat terlihat tanpa harus terbaca seluruhnya.
Karena hal ini dapat mempengaruhi posisi SERP (Searh Engine Ranking Position) blog anda pada halaman pencarian. Ini merupakan teknik SEO yang sederhana namun cukup ampuh karena secara otomatis tingkat optimasi SEO pada halaman posting dapat lebih maksimal.

Cukup jelas ya…?

Baik, bila anda sudah jelas, selanjutnya kita coba memformat kode “Read More…” pada format posting sehingga setiap anda memposting artikel baru maka secara otomatis kode tersebut akan muncul pada window “new entry” posting tapi jangan lupa memposting pada bagian “Edit HTML” bukan “Compose”.

CARANYA:
Masuk ke menu Setting/Pengaturan, lalu klik Format. Pada bagian paling bawah terdapat “Template Posting” dengan window kosong. Masukkan kode di bawah ini pada window tersebut:

<div class="fullpost">


</div>

Nah, setelah anda save, maka secara otomatis setiap anda memposting artikel baru akan muncul kode di atas. Jadi ga perlu capek-capek mengetik kode lagi kan? Oya, sekali lagi saya ingatkan agar jangan lupa memposting pada bagian “Edit HTML” bukan “Compose”. Ok!

Selesai.

Selamat mencoba dan sukses untuk anda!

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

11 comments:

attayaya said...

siiiip
link izmild juga udah terpasang dengan sukses
tengkyu

DGA Desain Grafis dan Advertising said...

Thanks juga mas Attayaya,..Salam

utuh_bungaz said...

makasie mas atas infox...
maklum aq masih beginner,,

Alaika said...

nice and great tips mas, thx.

Saputra MZ said...

Article yang Super sekali, bahasanya mudah dicerna...segera saya praktekkan, makasih banyak Pak!

Khery Sudeska said...

Mantap, Pak ... Akan saya coba, terima kasih... :)

Peluang bisnis | Ricky said...

Penjelasan yang menarik nas..Thanks ya,

salam sukses :)

formulabisnis2121 said...

tq atas infonya. akan kucoba ahh.

Agus said...

info yang bermanfaat pak!
terima kasih.

Newbie said...

Makasih tipsnya sangat berguna bagi saya,,

Cari Tahu Bisnis Online said...

Sudah saya pakai mas.. thx

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"