Tuesday, December 16, 2008

Alexa Rank dan pengaruhnya terhadap blog


Oleh: Mochamad Ismail
Alexa rank alias peringkat traffic blog/situs adalah situs primadona para blogger seluruh dunia termasuk kita. Lantas, apa untungnya capek-capek memasang “widget” Alexa Rank di blog kita?

Baiklah, saya tidak mau menghembuskan isu bahwa katanya, sekali katanya lho mudah-mudahan ini benar. Katanya,… banyak sekali blogger yang berhasil diterima di program Pay Per Post atau Pay Per Review dengan mengandalkan Alexa Rank, padahal tidak sedikit dari mereka yang hanya memiliki PR 1 bahkan PR 0. Nah, kaget kan? Ya udah yang penting ambil manfaatnya aja. Pasang Alexa Rank di blog anda sekarang. Siapa tahu info ini betul, kan yang untung anda juga.

Tapi sebelun memasang Alexa Rank, silahkan simak dulu beberapa tips untuk meningkatkan Alexa Rank.

1.Install Alexa toolbar pada browser anda. I
Dengan menginstall Alexa Toolbar, maka kita akan lebih mudah memonitor perkembangan peringkat Alexa kita, selain itu setiap kali kita mengunjungi blog kita sendiri, maka Alexa akan menghitungnya sebagai pengunjung. Sebagai pengunjung? Wah, bisa sering-sering update blog nih,… Nah, buat yang belum menginstall Alexa Toolbar silahkan install melalui link dibawah ini. http://www.alexa.com/site/download/

2.Pasang Widget Alexa Rank di blog anda.
Tujuannya tentu agar Alexa dapat dengan mudah mengindex blog anda. Dengan memasukkan widget ini berarti anda melakukan link secara langsung dengan Alexa. Untuk menambahkan widget Alexa di blog anda silahkan kunjungi link dibawah ini. http://www.alexa.com/site/site_stats/signup

3. Beritahu kepada orang lain untuk menggunakan Alexa toolbar.
Lho apa hubungannya? Coba baca terus nih,..Mengajak orang lain untuk menginstall Alexa Toolbar adalah langkah yang cukup cepat untuk menaikkan peringkat Alexa blog anda. Dengan mengajak pengunjung blog anda untuk menginstall Alexa Toolbar, maka saat mereka kembali mengunjungi blog anda Alexa akan dengan mudah mengindexnya karena browser mereka telah terinstall Alexa Toolbar. Wah, … canggih juga nih. Kalau begitu kita saling mengajak aja ya.

4. Tulislah Artikel tentang Alexa di blog anda.
Karena katanya para Webmaster dan blogger sangat senang membaca tentang cara untuk meningkatkan peringkat Alexa. Artikel tentang Alexa akan membuat pengunjung blog anda bertambah. Mmmh,.. betul juga ya…

5. Pasang Webmaster Tools di blog anda.
Contohnya adalah dengan memasang tool penghitung berat blog, tool kode warna dan sebagainya. Ini adalah magnet untuk blog anda, orang akan berkunjung berulang kali ke blog anda untuk mengakses alat ini. Mmmh,.. soal ini saya sendiri belum paham.

6. Buatlah Alexa kategori di blog Anda.

7. Promosikan Artikel tentang Alexa anda di forum dan social bookmarking kawasan Asia.
Kaget? Saya juga kaget. Enak banget si Alexa dapat promosi gratis. Tapi memang katanya ada tips dari dari salah satu situs luar. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih begini:

"Beberapa webmaster telah menyarankan bahwa pengguna Internet Asia adalah penggemar besar dari Alexa toolbar, mereka suka pembahasan tentang Alexa. Saya menyarankan Anda mencoba opsi ini jika Anda memiliki waktu atau kemampuan untuk melakukannya."

Benar atau tidaknya silahkan dijawab sendiri. TApi yang pasti, bila orang luar negeri mau berpromosi melalui forum-forum asia, kenapa kita sebagai orang asli asia tidak mencobanya? Tuh kan, coba aah,...

Kira-kira cukup jelas gak ya tips di atas, kalau iya semoga bermanfaat.

Jangan lupa tips ini berasal dari blog ini komunitas-bantu-membantu.blogspot.com tentunya setelah saya sesuaikan dengan gaya penulisan saya. Salam…!

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"