Friday, September 25, 2009

Mengembalikan jati diri bangsa

Mengembalikan jati diri bangsa saat ini menjadi sangat urgent karena perubahan perilaku masyarakat bangsa ini. Bagaimana tidak, karakter yang seharusnya tidak dimiliki bangsa Indonesia malah menjadi budaya sehari-hari. Bayangkan di kota besar seperti Jakarta misalnya budaya individualistis sudah menjadi maklum adanya.
Bila kita tidak mampu mengambalikan jati diri bangsa, mungkinkah Indonesia tidak akan lagi memiliki karakter budaya yang luhur seperti persaudaraan dan gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia.

Apa yang seharusnya dilakukan untuk mengembalikan jati diri bangsa sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Tidak dibutuhkan taktik dan strategi layaknya sebuah strategi dalam berpolitik. Yang dibutuhkan hanyalah kejujuran dan keterbukaan diri. Apakah kita sudah jujur pada diri kita sendiri sebagai bangsa Indonesia. Jujur untuk mengakui bahwa kita lahir di Indonesia, makanan utama kita adalah nasi, bahasa kita bahasa Indonesia, kulit kita kulit orang Indonesia, mata hitam, rambut hitam. Lantas bila kita berlagak gaya hidup seperti orang “bule”yang suka minuman beralkohol, individualistis, bebas tanpa batas norma dan moral, free sex, dan sebagainya, apakah kita tidak malu dengan identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang sudah secara jujur kita akui.

Apakah kita sudah tidak memiliki rasa malu lagi untuk mengakui bahwa budaya orang “bule” bukanlah budaya bangsa Indonesia. Mungkinkah segala usaha untuk mengembalikan jati diri bangsa dapat berhasil? Saya yakin tidak akan berhasil! Usaha untuk mengembalikan jati diri bangsa tidak akan pernah berhasil selama kita sendiri tidak memiliki rasa malu bergaya hidup yang bukan milik kita sendiri.

Bila kita ingin berhasil mengembalikan jati diri bangsa memang harus berawal dari diri sendiri. Dengan kita berani secara jujur dan terbuka untuk merubah diri menjadi manusia Indonesia asli yang memiliki budaya luhur yang senantisa menjaga etika, norma dan moral, memiliki jiwa kebersamaan yang saling bergotog royong dan bermusyawarah tentu mengembalikan jati diri bangsa bukanlah pekerjaan sulit. Perubahan yang dilakukan pada setiap pribadi akan membentuk masyarakat baru yaitu masyarakat bangsa Indonesia dengan jati diri orang Indonesia.

Maka layaklah bila kita yakin dapat mengembalikan jati diri bangsa Indonesia dan membentuk manusia baru yaitu manusia Indonesia yang sesungguhnya.

Ayo kita dukung gerakan mengembalikan jati diri bangsa Indonesia.

Mengembalikan jati diri bangsa merupakan keyword di dalam kontes SEO beritajitu.com.

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

No comments:

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"