Sunday, September 6, 2009

AISAS

Ingat AIDA? Anda yang berkecimpung di marketing pasti mengetahuinya. Istilah AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action sudah sangat populer di kalangan orang-orang marketing dan bisnis.


Kini muncul istilah baru yang mirip-mirip dengan AIDA yaitu AISAS yang diformulasikan oleh Dentsu PR Firm dan dipresentasikan pada tahun 2007. Hahaha,…. terlambat ya….. (Tapi blog ini memang bukan blog news tentang marketing mohon dimaklum ya…).

AISAS merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Search, Action, Share. AISAS ini merupakan formulasi yang lahir dari perkembangan aktifitas atau perilaku para pengguna internet. Dua point penting yang menunjukkan perkembangan terbaru tersebut yaitu SEARCH dan SHARE.

Berdasarkan hasil research Nielsen/NetRating 2008 menunjukkan, 73% konsumen menggunakan search engine secara berkala untuk mencari produk dan jasa yang mereka butuhkan melalui Google, Yahoo, dan Bing maupun yang lainnya.

SEARCH menjadi point sangat penting yang harus diperhatikan para pemilik perusahaan yang memiliki website. Bagaimana agar website mereka dapat tampil pada halaman pertama hasil pencarian.

Saya mendapatkan keyword yang bagus dari Nukman Luthfie tentang SEARCH seperti ini:

It’s not about JUST BEING Online, Its about being FOUND Online.

SHARE merupakan refleksi dari komunitas yaitu maling list, forum, milis, atau social network seperti Facebook dan Twitter. SHARE menjadi sarana dan media yang sangat ampuh dalam membangun suatu keyakinan terhadap aktifitas, produk atau merk.

SHARE dapat menjadi klimaks dari aktifitas SEARCH. Ketika pencarian pada suatu kepentingan menemukan tempat yang pas untuk saling berinteraksi dalam minat yang sama.

Note:
Meskipun tulisan ini sebenarnya terlambat tapi paling tidak bermanfaat bagi anda yang belum mengetahuinya.

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

3 comments:

Agus said...

Salam kenal...!

Meski sudah agak lama muncul, info ini tetap punya relevansi sepanjang jaman. Nice posting pak!

Izmild Blog said...

Terima kasih. Smg ttp bermanfaat ya....

Remba The Immaculate said...

AIDA itu virus terkenal buatan CC Corp kan, kepanjangannya "Artificial Intelegence Data Anomaly" yang katanya merupakan virus komputer yang bisa membuat orang jatuh koma..!!!

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"