Thursday, August 20, 2009

Mengenalkan blog pada Search Engine (2)

Setelah mengenalkan blog pada Search Engine terbesar yaitu Google, Yahoo dan Bing sebagai langkah dasar ( Mengenalkan blog pada Search Engine 1 ). Sekarang kita beranjak pada langkah selanjutnya yaitu mengenalkan blog pada Search Engine dengan mendaftarkan blog pada situs Free submit express, Free submission, situs directory, situs social networking dan situs social bookmarking.

Fungsi dan manfaat situs Directory, situs Social Networking dan situs Social Bookmarking adalah untuk mensosialisasikan/mempromosikan blog pada dunia luar maksudnya dunia internet secara luas baik bagi blogger maupun pengguna internet pada umumnya. Dengan mendaftarkan blog pada situs-situs tersebut tentu blog akan memiliki link dan dapat meningkatkan popularitas blog, termasuk meningkatkan eksistensi blog di mata Search Engine.

I. Daftar blog ke situs Submit Express dan Free Submission :

Free Submit Express dan Free Submission merupakan situs gratis yang akan mendaftarkan URL blog anda ke berbagai Search Engine termasuk Google, Yahoo dan Bing. Setelah terdaftar, copy dan paste html code “widget” ke dua situs tersebut pada halaman blog anda.

Update info:
Anda juga bisa mendaftarkan URL Blog anda ke 123 Search Engine disini "Free" http://submiter.hostzi.com/

II. Daftar blog ke situs Directory :
1. DMOZ
2. Blogdigger
3. Blog Indonesia

Situs directory merupakan situs dimana terdapat daftar ribuan blog dari mancanegara atau lokal untuk directory lokal. Berbagai tema/kategori blog ada disini. Bagi yang ingin mencari informasi, situs directory ini sangat membantu karena hanya dengan memilih kategori yang ada maka ribuan blog akan muncul dengan konten yang berbeda-beda. Makanya bila blog kita berada dalam salah satu kategori di situs directory ini, pengunjung tak terduga bisa datang dari manapun.

III. Daftar blog ke situs Social Networking :
1. Facebook
2. Twitter

Saat ini situs Social Networking yang paling populer di Indonesia adalah Facebook. Kemudian Twitter dan Friendster. Sebenarnya masih ada situs-situs Social Networking lainnya yang tidak terlalu populer seperti Friendfeed atau Yuwie tapi kita ga bahas disini ya.

IV. Daftar blog ke situs Social Bookmarking :
1. Technorati
2. Digg
3. Stumbleupon

Kelebihan situs Social Bookmarking adalah konten/halaman blog dapat tampil secara otomatis, contohnya bila blog sudah terdaftar di Stumbleupon, kita coba mencari info yang berkaitan dengan konten blog atau coba mengetik nama blog kita sendiri pada pencarian di Stumbleupon maka yang muncul adalah blog milik kita. Kemudian klik judul blog maka yang tampil adalah halaman blog tapi dengan header stumbleupon. Begitu juga dengan Digg, cara kerjanya persis sama dengan Stumbleupon. Berbeda dengan Technorati, konten tampil masih di halaman Technorati.

Maka bila dilihat dari kelebihan situs social bookmark ini, semakin bagus konten/artikel tentu semakin banyak orang yang akan menyukai blog kita, memberi komentar, atau mengirim halaman blog ke teman-teman melalui fasilitas “share” yang terdapat pada header Digg atau Stumbleupon. Ini berarti blog kita semakin populer, ya kan?

Makanya, bagi anda yang blognya belum terdaftar ke 4 jenis situs di atas, buruan daftar deh. Kalau blog makin populer kan yang ngambil untung siapa lagi kalau bukan pemilik blog… (hehehe,.. masak tetangga sebelah..)

Baik, sampai di sini dulu semoga bermanfaat…

Bila ada komentar silahkan….

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

2 comments:

reiry said...

makasih pak dah mampir diblogku, aku dah laksanakan SEO 2, yah belum ada hasil sih...masih nunggu he..he..

oh ya blogdigger nya beberapa kali kucoba buka nggak berhasil-berhasil juga

Izmild Blog said...

Sama2 Reiry ma kasih juga...
Ya, aq dah coba blogdigger ko ga kebuka ya? Nanti aq recheck ya... Ma kasih atas masukannya..
Salam

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"