Tuesday, August 11, 2009

Mengenalkan blog pada Search Engine (1)

Bagi anda yang pemula dan baru memiliki blog tentu ingin mengetahui bagaimana caranya agar blog baru anda mudah ditemukan pada halaman pencarian Google, Yahoo atau Bing.

Seperti bila kita menempati rumah baru, tentu kita juga harus mengenalkan diri pada pengurus RT dan RW setempat agar keberadaan kita dikenal oleh mereka, ya kan? Begitu juga berlaku pada blog.

Yang pertama kali anda harus lakukan sebelum mendaftar ke 3 search engine di atas, sebaiknya daftarkan blog anda pada “Feedburner” terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat feed blog. Alamat feed blog berguna untuk promosi dan penyebarluasan konten/artikel blog anda.

Beberapa keuntungan adanya alamat feed blog:

  • 1. Untuk penyebarluasan artikel ke Search Engine, Social Network, Social Bookmark dan Latest Post blog anda sendiri seperti yang terdapat pada blog ini.
  • 2. Memiliki email subscriber pada blog anda seperti yang terdapat pada kanan atas sidebar blog ini.

Ok, selanjutnya lakukan pendaftaran nama domain blog anda pada Google, Yahoo dan Bing.

1. Daftar ke Google.
Pendaftaran ke Google terdapat dua cara/tingkatan yaitu cara pertama ke http://www.google.com/addurl/ dan cara ke dua ke https://www.google.com/webmasters/tools/.

Cara pertama, anda hanya memasukkan URL blog anda seperti yang tertera pada pada headlinenya "Add your URL to Google" - "Share your place on the net with us".

Di bawah kalimat pengantar setelah headline terdapat kotak tempat anda memasukkan nama URL domain Anda. Klik tombol "Add URL". Kemudian muncul halaman dengan tulisan "Thank you
Your site URL has been successfully added to our list of URLs to crawl.."
. Berarti anda sukses!

Selanjutnya anda mendaftar ke cara ke dua yaitu ke Google Webmaster Toolss. Cari kata “Add a Site...”. Klik tombol tersebut, lalu isikan nama domain blog anda seperti http://izmildblog.blogspot.com klik tombol "Continue". Lalu lakukan verifikasi dengan mengcopy kode verifikasi dan paste pada code html template blog anda.

Ada dua pilihan metode verifikasi yaitu Meta Tag dan HTML. Pilih saja “Meta Tag”. Disini anda diberi kode meta tag yang harus dimasukkan ke dalam template blog pada posisi diantara <head> dan <body>.

Contoh meta tag dari Google :

<<meta content='YSwnxzCVnNabxpBYk0t/qxcNxB6BYaIrxi83dilEjRk=' name='verify-v1'/> 

Sebelum paste kode, Jangan lupa untuk mengklik kotak kecil disebelah “Expand Widget Template”.
Cari kode <head>, lalu masukkan kode di atas di bawahnya.

Contoh posisi pada html template blog :


<head>
<meta content='YSwnxzCVnNabxpBYk0t/qxcNxB6BYaIrxi83dilEjRk=' name='verify-v1'/> 
< META content='82d5d3ee27e9ebd5' name='y_key'/> 
<b:include data='blog' name='all-head-content'/> <title><data:blog.pageTitle/></title>

Setelah anda mem-paste kode tersebut, anda kembali lagi ke Google Webmaster Tools dan klik tombol verifikasi.

Selesai!

2. Daftar ke Yahoo.
Daftarkan situs/blog ke Yahoo Explorer. Klik “My Site” lalu masukkan nama domain blog anda, klik tombol “Add my Site”. Kemudian setelah nama blog sudah berada dalam daftar, klik nama blog tersebut, pada halaman baru klik “Authentication”. Pada halaman “Authenticate” terdapat dua pilihan yaitu “Upload verification file” atau “Add meta tag”. Pilih saja “Add meta tag”. Disini anda diberi kode meta tag yang harus dimasukkan ke dalam template blog pada posisi diantara <head> dan <body>.

Contoh meta tag dari Yahoo :

<META name="y_key" content="82d5d3ee27e9ebd5">

Anda kembali ke template blog, klik edit html dan aktifkan Expand Widget Template.
Cari kode <head>, lalu masukkan kode di atas di bawahnya, bila sudah terdapat kode meta tag dari Google, taruh saja tepat dibawahnya. 

ERROR:
Nah, biasanya setelah memasukkan kode meta tag dari Yahoo ini tidak bisa di “Parse” atau tidal bisa di simpan. Maka tambahkan saja string – slash atau garis miring “ / ” pada kata terakhir sebelum kode penutup “ > ”

Contoh :

<META name="y_key" content="82d5d3ee27e9ebd5"/>


Contoh posisi pada html template blog :

<head>
<meta content='YSwnxzCVnNabxpBYk0t/qxcNxB6BYaIrxi83dilEjRk=' name='verify-v1'/> 
< META content='82d5d3ee27e9ebd5' name='y_key'/> 
<b:include data='blog' name='all-head-content'/> <title><data:blog.pageTitle/></title>


Catatan: 
Kode name='y_key'  merupakan tambahan otomatis dari  template blogspot 

Selanjutnya, anda kembali lagi ke Yahoo Explorer, klik tombol “Ready to Authenticate”. Kemudian akan muncul jawaban dari Yahoo seperti ini: “Your site is pending authentication”. Ga usah khawatir karena setelah beberapa saat/menit, akan ada jawaban lagi seperti ini: “Your sites is authenticated”. Berarti blog kita secara resmi sudah diakui oleh Yahoo.

Selesai!

Memasukkan Feed blog pada Yahoo Explorer:
Klik “Feeds” pada sebelah kiri. Kemudian masukkan alamat feed blog anda, lalu klik “Add Feed”. Bila berhasil akan muncul tulisan “Processed” pada tabel feed.

Baik, setelah melakukan pendaftaran pada Google dan Yahoo, untuk melihat hasilnya “Wait and see” paling lambat 24 jam. Tapi kalau anda penasaran ingin mengetahui langsung apakah blog anda sudah terindeks di coba saja ga masalah.

3. Daftar ke Bing.
Bing? Ya, Bing. Mungkin kebanyakan kita masih belum familiar dengan Bing. Bing adalah mesin pencari dari Microsoft. Sebenarnya saya sendiri masih belum familiar cara mendaftarkan blog ke Bing. Pertama kali membuka situs Bing saya mencari-cari kata seperti “Addurl” atau “Submit blog” tapi kok ga ketemu. Saya pikir mungkin Bing mempunyai cara lain. Akhirnya saya klik Sign up/pendaftaran untuk membuka account baru. Setelah itu saya coba masuk ke forum webmaster, disini kita dapat melihat banyak artikel dari blog-blog yang sudah terdaftar. Saya masuk ke “profile”, nah disini baru ada kolom untuk memasukkan URL blog kita.

Penasaran,saya cari lagi masak ga ada “submit blog’ dan semacamnya. Klik sana klik sini belum ketemu juga, ya sudah yang penting saya sudah menjadi member Bing, dan URL blog saya sudah terdaftar dalam profile. Saya pikir ini sudah cukup.

O ya, setelah melakukan 3 langkah di atas sebaiknya anda test keberadaan blog ( setidak-tidaknya dalam waktu 24 jam ) dengan melakukan pencarian nama domain blog pada 3 mesin pencari minimal Google dan Yahoo sudah cukup karena ke dua mesin pencari ini kan paling populer di Indonesia.

Baik, sampai disini dulu. Bila ada komentar atau saran silahkan…

PS: Nantikan artikel lanjutannya / Mengenalkan blog pada search engine seri ke 2 .... (Bagaimana meningkatkan eksistensi blog di mata Search Engine).

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan Klik Disini untuk berlangganan artikel terbaru Izmild Blog GRATIS melalui email.

12 comments:

Luthfi Fuadi Majid said...

alhamdulilah...
saya telah berkenalan dengan Om saya GOOGLE,heheh
mulai mengakrabkan diri tuch dengan BELIAU...

Salam Kenal Ya,
Luthfi Fuadi Majid

Khery Sudeska said...

Info yang lengkap, Mas... Tq banget...

hill said...

kunjungan perdana, salam kenal :) artikel di blog ini bgs2, trims ya

salam

hill

Martin Juanda said...

Daftar ke google sitemapnya gak sekalian mas? :p biar lbh lngkp :D

IZMILD BLOG said...

NumB3R:
Betul jg nanti aku tambahin di artikel seri ke 2 ya.. atau seri 1 ini aku update... ma kasih ya tambahannya...

IZMILD BLOG said...

NumB3R:
Ternyata setelah sy cek ke http://www.google.com/sitemap.html...pada halaman Google sitemap terdapat "Webmasters > Submit Your Site". Setelah terbuka ternyata adalah Google Webmaster Tools.... add "meta...", Verifikasi... sama persis dengan artikel yang saya tulis...

adrie said...

Nice info Mas..!
Hal dasar yang sangat dibutuhkan oleh setiap blog baru.
Tak tunggu yang selanjutnya.

IZMILD BLOG said...

Don't worry! I'll do my best...so keep contact!

attayaya said...

mantap mas

reiry said...

aku mo nanya, blogku muncul google kalo pilihannya web, tapi kalo pilihannya dari laman Indonesia kok nggak muncul ya? gimana caranya biar bisa muncul? udah pake webmaster nggak ngaruh

izmild said...

Udah baca "Mengenalkan blog pada Search Engine (2)"?
Coba juga pancing dengan link exchange dgn blog lokal, ikutan backlinkfree.blogspot.com.... dsb.

Coba dulu ya, soalnya mesti aktif sih untuk awal2...

Gadgets said...

Thanks infonya, semoga sukses

Mengembalikan jati diri bangsa

"Kini saatnya kita mengembalikan jati diri bangsa demi mewujudkan cita-cita luhur membangun negeri yang makmur dan sentosa. Ayo blogger Indonesia kita sukseskan kontes SEO mengembalikan jati diri bangsa!"